Beasiswa Afgan untuk Bantu Anak Indonesia Bersekolah

April 13, 2020

Penyanyi Afgansyah Reza telah lama mendukung berbagai program yang bertujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Ia juga membuat galang dana untuk bantu anak-anak kurang mampu bersekolah. Afgan percaya bahwa pendidikan adalah satu kunci penting untuk kemajuan Indonesia. Lewat pendidikan, setiap anak bisa merubah kehidupannya menjadi lebih

Sayangnya, tidak semua anak memiliki kesempatan yang sama. Banyak dari mereka yang terpaksa berhenti sekolah karena berbagai faktor, salah satunya faktor ekonomi. Biaya pendidikan yang besar menjadi kendala utama bagi orang tua untuk menyekolahkan anak mereka. Menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017/2018, sebanyak 30 ribu siswa SD putus sekolah. Hal itulah yang membuat Afgan prihatin dan tergerak untuk membantu.

Beasiswa Afgan untuk Pendidikan Indonesia

Bekerja sama dengan Hoshizora Foundation dan Kitabisa, Afgan memberikan beasiswa untuk membantu anak-anak kurang mampu agar bisa terus bersekolah. Dana yang terkumpul di program Beasiswa Afgan akan diberikan kepada anak-anak penerima beasiswa yang berada di daerah Nusa Tenggara Barat, Paser di Kalimantan Timur, Samande di Sumatera Selatan, Lebak Banten, dan Saptosari di daerah Gunung Kidul.

Lewat beasiswa ini, Afgan ingin membantu Adik-adik Bintang Hoshizora untuk bisa bersekolah hingga lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dengan begitu, mereka dapat memaksimalkan potensi dan bakat yang mereka miliki untuk mencapai cita-cita, serta nantinya memiliki rencana kehidupan setelah lulus.

Sejauh ini, Afgan telah menentukan 10 anak penerima beasiswa. Salah satu anak penerima Beasiswa Afgan adalah Sukani. Sukani adalah gadis asal Gunung Kidul yang sempat berhenti sekolah akibat tidak adanya biaya. Orangtua Sukani sering sakit-sakitan dan sudah tidak mampu bekerja lagi. Kondisi keuangan orang tua tidak memungkinkan untuk membayar sekolah. Karena itu, Sukani memutuskan untuk berhenti sekolah dan bekerja sambilan di tempat laundry.

Sukani sempat berhenti sekolah selama 1 tahun. Ia sangat sedih ketika melihat teman-temannya berangkat sekolah, sementara dirinya harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Berkat bantuan dari Beasiswa Afgan bersama Hoshizora Foundation dan Kitabisa, Sukani bisa melanjutkan sekolahnya. Sukani ingin membuat orang tuanya bahagia dan bangga dengan prestasinya.

Sukani hanya satu dari sekian banyak anak-anak lainnya yang ingin Afgan bantu. Melalui Beasiswa Afgan, Afgan ingin membantu lebih banyak anak-anak yang putus sekolah, tinggal di daerah terpencil dan belum mendapatkan akses pendidikan yang layak.

Dukung program Beasiswa Afgan dengan cara donasi di Kitabisa. Caranya, klik di sini.